ASI

Pumping Gak Ribet Pake Dr. Brown's Silicone One-Piece Breast Pump (Review Pompa ASI)

Hai Buybu, apakah ada yang lagi nyari rekomendasi pompa ASI?

Nah kebetulan nih saya mau review pompa ASI dari Dr.Brown yaitu Dr. Brown’s Milkflow Silicone One Piece Breastpump.

Hmm pompa ASI..
Sepertinya sekarang jadi alat perang yang wajib dimiliki ibu menyusui deh. Ya gak sih?

Walaupun sebenernya tak punya pun tak apa- apa, karena masih bisa minjem ke kakak atau temen yang punya atau bisa juga nyewa. Tapi hmm sepertinya itu malah lebih memperkuat pernyataan di atas, kayaknya emang harus punya sendiri deh biar enak dan bebas pakai.


ASI makanan terbaik bagi bayi


Seperti yang kita tau dan saya pun udah berkali- kali bahas di blog tentang pentingnya ASI untuk bayi kita, tentang super baiknya kandungan ASI untuk gizi bayi, juga tentang semua kebaikan dalam ASI yang tentu berbanding lurus dengan perjuangan Ibu dalam memberikannya.

Tentu saja, semua orang sepakat bahwa ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Makanya alhamdulillah, baby Kimi sudah menginjak usia 19 bulan dan masih minum ASI karena saya dan suami sudah bertekad akan memberikan ASI terbaik sampai usianya genap 2 (dua) tahun.
 

Makin sering dikeluarkan, Makin banyak ASInya

Yah, sebegitu pentingnya ASI sampai kita, para Ibu, disarankan untuk rajin memompanya, karena Buibu tentu masih inget dong prinsip utama ASI yaitu semakin banyak ASI yang keluar, maka semakin banyak juga produksinya.

Artinya, semakin rajin kita pompa ASI kita atau bisa juga dengan menyusui langsung, maka makin banyak juga ASI yang akan kita produksi.

Nah, menurut Buybu apakah yang harus rajin mompa ASI itu hanya ibu bekerja saja? Atau Ibu Rumah Tangga juga harus rajin?

Tentu saja,

Ibu Rumah Tangga juga perlu Memompa ASI

Yap, menurut saya keduanya harus sama rajin buat mompa ASI, baik untuk ibu bekerja maupun untuk ibu rumah tangga.

Lho kan ibu rumah tangga full di rumah sama anak bayinya? Ngapain juga harus rajin mompa?

Karena akan ada beberapa kondisi saat ibu rumah tangga mungkin tidak dapat menyusui bayinya secara langsung, misalnya seperti ketika ibu harus pergi keluar rumah tanpa bayinya atau tidak mungkin membawa bayinya, atau mungkin saja ibu tiba- tiba jatuh sakit dan harus dirawat, atau ketika payudara ibu luka sehingga belum kuat untuk menyusui langsung, dan mungkin saja ketika ibu harus puasa ramadhan, dan lain- lain.

Apalagi saat produksi ASI ibu terlalu banyak sehingga menyebabkan payudara terasa padat dan nyeri padahal belum saatnya bayi untuk menyusu, sedangkan kalau tidak dikeluarkan ASI-nya, ibu bisa terkena demam dan mastitis. Kondisi ini pun mau gak mau membuat ibu rumah tangga harus rajin memompa ASI.

Pompa Manual atau Elektrik?

Sebenarnya memompa ASI juga bisa dilakukan tanpa bantuan alat pompa ASI, bisa secara manual dengan cara memijat dan memencet menggunakan tangan, saya sudah pernah mencoba cara ini dan lumayan pegel banget sih. Ini manual, literally manual ya tanpa alat bantu.

Walau ada yang bilang, memompa ASI manual lebih bagus karena menggunakan tangan jadi sekaligus memijat payudara secara menyeluruh yang dapat membuat peredaran darah di payudara lancar jaya, namun daripada cukup pegal memompa manual dengan tangan, sekarang ada banyak pilihan pompa ASI baik alat bantu yang manual maupun elektrik. Masing- masing tentu saja punya kelebihan dan kekurangan masing- masing.

Tapi tau gak sih Ibu bahwa sekarang ada pompa ASI yang sama naturalnya lho seperti pompa manual pake tangan.

Gak perlu listrik, ga perlu juga ribet bongkar pasang karena tanpa aksesoris dan memang simpel banget karena cuma "one piece", gak harus dirakit, dan ya! Cukup hanya dengan satu alat saja sudah bisa memberikan Ibu berbagai kemudahan dalam memompa ASI. Bahkan harganya bisa dibilang lebih terjangkau dibandingkan pompa lainnya.

Dan yap, ini dia Dr.Brown's Silicone One Piece Breastpump.


Dr. Brown's Silicone One Piece Breastpump

Siapa sih yang gak tau brand Dr.Browns? Brand yang botol susunya jadi rekomendasi nomor satu para DSA karena bebas dari BPA, tidak mengandung PVC, lead, atau phthalates, dan telah menerima beberapa penghargaan dan mendapat pengakuan dari komunitas medis. Apalagi komitmen Dr.Browns dalam menghasilkan produk bayi yang inovatif untuk mendukung kesehatan dan pemberian gizi yang optimal. Jadi tentu saja brand ini tidak diragukan lagi kredibilitasnya.

Sama halnya dengan produk yang saya review kali ini yaitu Dr. Brown's Silicone One Piece Breastpump yang menurut saya sendiri memiliki beberapa keunggulan dan akan saya jelaskan dalam poin- poin berikut.

Super Duper Praktis

Jujur aja, yang pertama kali saya pikirkan pas baru nyobain pompa ASI silikonnya Dr.Brown ini adalah,

"Wah ini super praktis banget sih, cuma satu piece bisa nyedot ASI layaknya pompa yang lain".

Apalagi sebelumnya saya pake pompa ASI elektrik yang aksesoris terpisahnya tuh lumayan banyak gitu, ada botolnya sendiri, corongnya sendiri, pemompanya sendiri, ada tuasnya sendiri juga, valvenya sendiri, backflow sendiri, selang penghubungnya juga ada sendiri, belum lagi harus colok listrik atau ada juga yang di-charge gitu. Pokoknya ya pasti butuh listrik karena elektrik.

Nah takjubnya, Dr.Brown's Silicone One Piece Breastpump ini tuh ga butuh aksesoris sebanyak itu. Tapi dengan hanya satu alat alias one piece, dia udah bisa nyedot ASI.

Menarik banget dan super praktis menurut saya.

Apalagi saya ini kan ibu bekerja dan belum ada yang bantuin, jadi apa- apa masih sendiri. Kebayang kan tiap pulang kerja harus nyuci botol susu, belum nyuci alat pompa yang printilannya banyak juga, kalau dibandingkan dengan One Piece Breastpump ya pastinya kerasa banget bedanya.

Gak cuma itu, cara pakainya pun praktis juga dan pastinya tanpa ada bunyi berisik mesin pompa. Oh, dan tanpa harus selalu dipegangin karena dia akan menempel di payudara. Jadi selama lagi pumping, bisa sambil ngapa- ngapain.

Semudah itu.

Mampu Atasi Masalah Payudara Keras

Jujur aja nih, awalnya saya kira pompa ini sedotannya ga akan sekuat pompa yang udah pernah saya pakai. Ternyata saya salah besar!!

Dr.Brown’s Silicone One-Piece Breastpump juga punya sedotan yang bisa meredakan masalah utama yang sering saya alami dalam menyusui yaitu payudara keras karena ASI tersumbat.

Biasanya saya mengalami hal ini ketika bayi puas menyusu di satu payudara, jadi adakalanya belum sempat saya pindahkan ke payudara yang lain, bayi sudah kenyang dan berhenti menyusu. Sehingga payudara yang lain akan terasa penuh, keras, dan ASInya malah jadi tersumbat.

Konon katanya hal ini juga disebabkan pembuluh ASI di payudara saya tuh kecil jadi sering banget ngalamin penyumbatan.

Butuh waktu berapa lama?

Memompa asi menggunakan pompa Dr.Brown ini bagi saya khususnya, butuh waktu sekitar 25 menit untuk menghasilkan 100ml ASI. Sedangkan dalam keadaan payudara sedang keras dan tersumbat, alirannya lumayan kerasa banget ketika pake pompa ini, setelah 10 menit bagian keras di payudara juga sudah menghilang.
 

Dilengkapi dengan Bottle Feeding

Gak Cuma breastpump nya aja yang oke dan super praktis, bottle feeding (botol dot)nya juga beda dari yang lain yaitu Dr.Brown’s Natural Flow Original Bottle. Apalagi botol dot dari Dr.Browns ini merupakan nomor satu botol dot yang direkomendasikan para DSA.
 

Kenapa botol dot ini beda dari yang lain? Karena...
  • Membantu mengurangi masalah pencernaan pada bayi karena botol Dr.Brown’s didesain untuk mengurangi colic, muntah, dan masuk angin pada bayi khususnya bayi yang baru lahir;
  • Terbukti mampu menjaga nutrisi yang terkandung di dalam ASI/ susu seperti vitamin C, A dan E yang sangat penting bagi kesehatan bayi;
  • Botol yang didesain untuk mengatur jalur udara sehingga memberikan pengalaman menyusui yang paling mirip breastfeeding;
  • Kombinasi tepat antara Internal Vent System dan Silicone Nipple pada Botol Dr.Brown’s menciptakan aliran susu yang konstan dan terkontrol, sehingga bayi dapat mengatur ritme minum mereka sendiri.
 
 

Kesimpulan

Nama: Dr. Brown’s Silicone (One-Piece) Breastpump

Jenis: Pompa ASI manual

Bahan: 100% silikon, nyaman dan lembut di kulit, tidak tipis, dan tetap aman di mesin steril
 
Bentuk: simpel dan ergonomis, mudah dibawa kemana- mana
 
Harga: IDR 355.000
 
Isi dalam kemasan:
-    Dr. Brown’s Silicone One-Piece Breastpump 120ml
-    Dr. Brown’s Natural Flow Original Bottle 120ml
-    Drawstring storage bag
-    1pc Bottle Cap untuk menyimpan ASIP

 

Keunggulan:

  • Silent Pumping: kemudahan dalam memompa ASI dengan hening tanpa ada suara bising dari mesin pompa;
  • Safe and Soft on skin: dengan bahan 100% silicone yang aman, nyaman, dan sangat lembut di kulit;
  • Travel Friendly: bentuknya yang tidak terlalu besar, praktis, dan ringan memudahkan Ibu memompa ASI dimana saja, apalagi dilengkapi dengan drawstring storage bag jadi gampang dibawa kemana aja;
  • Ergonomic Design: desain yang simpel dan praktis membuat kegiatan memompa ASI lebih mudah karena tanpa harus merakit.

 

Cara pakai:

  1. Tekan bagian bawah silikon (yang bagian buram) supaya tercipta daya hisapan. Hindari menekan bagian atas atau tengah silikon untuk menghindari perubahan bentuk corong silikon;
  2. Pastikan posisi corong silikon berada tepat di tengah nipple payudara;
  3. Setelah silikon ditekan, akan timbul daya hisapan pada nipple payudara;
  4. Dengan perlahan, ASI akan keluar dan tertampung di silikon. Letakkan pompa pada tempatnya sehingga silicone pump akan melekat di payudara tanpa perlu dipegang;
  5. Tuangkan ASI langsung ke dalam botol Dr.Brown’s Options + Bottle yang dilengkapi dengan Bottle Cap untuk penyimpanan ASI Perah, jadi Ibu gak perlu khawatir untuk menggunakan Dr.Brown’s Silicone One-Piece Breastpump kapanpun.

 

Nah, itu dia review jujur saya tentang pompa ASI  Dr.Brown’s Silicone One-Piece Breastpump yang layak untuk direkomendasikan dan berhasil mendapatkan predikat sebagai pompa ASI yang super duper praktis syekalii dari blog saya.

Mau tau lebih banyak tentang produk Dr.Brown's lainnya? Bisa langsung cek instagram Dr.Brownsindo atau cek langsung ke website drbrownsid.
 
Bye!
 
Semoga bermanfaat!
Semangat meng-ASI-hi ❤️


You Might Also Like

0 comments