ASI

Pengalaman Menyenangkan Masa Mengasihi Menggunakan Breast Milk Storage MOOIMOM

Hai Ibuuu, saya kembali lagi nih mau cerita sekaligus review kantong ASIP. Sama seperti tulisan saya sebelumnya yang sempat menyinggung bahwa breastpump (pompa ASI) adalah alat perang yang wajib dimiliki oleh ibu menyusui. Maka Breast Milk Storage (Kantong ASI) juga termasuk sebagai alat perang yang sama wajibnya untuk dimiliki.


Kantong ASI Plastik atau Botol Kaca?

Kantong ASI adalah wadah untuk menyimpan ASI Perah di freezer, wadah untuk menyimpan ASI sebetulnya terbagi menjadi dua yaitu kantong ASI plastik dan botol ASI kaca. Perbedaannya tentu saja yang satu terbuat dari plastik steril dan yang satunya lagi terbuat dari kaca yang masing- masing pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kalau saya ditanya, lebih pilih mana?
Kantong ASI atau botol kaca?

Keduanya bisa saja saya jadikan pilihan tergantung banyaknya ASI saya, tapi kantong ASI tetap menjadi alat tempur wajib selama masa menyusui.

Karena kantong ASI itu...
💙Lebih praktis karena tidak perlu dicuci dan disteril
💙Lebih fleksibel dan ringan
💙Lebih higienis karena hanya sekali pakai

Nah karena kantong ASI yang sifatnya super praktis ini, tentu saja saya sebagai ibu bekerja pastinya lebih memilih menggunakan kantong ASI. Walaupun terkadang saya pun menggunakan botol kaca ketika sedang rajin cuci mencuci aja. Hehe

Kalo menurut saya sih, kantong ASI wajib banget deh dipakai ketika ASI kita sedang banyak- banyaknya yaitu ketika bayi baru lahir sampai dengan usia satu tahun. Kenapa?

Karena bentuk kantong ASI yang fleksibel memungkinkan busui untuk menyimpan lebih banyak ASI di freezer dibandingkan menggunakan botol kaca yang lumayan makan tempat.
 

Cara Memilih Kantong ASI

Untuk sang buah hati, gak mungkin dong ya Buybu kalau kita asal pilih kantong ASI? Jangan sampe asal pilih Buy, walau sepertinya terlihat sama, namun ternyata ada beberapa perbedaan yang membuat kita bisa nyaman atau tidak ketika menggunakan kantong ASI.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi saya dalam memilih kantong ASI, diantaranya adalah kapasitas, jumlah kantong per pack, fungsi dan kualitas kantong, dan tentu saja higienitasnya. Nah saya udah menemukan nih kantong ASI yang sesuai dengan kriteria tersebut yaitu kantong ASI MOOIMOM.

Cerita Seru Kantong ASI MOOIMOM

Saya punya cerita, ketika saya sedang pumping bersama rekan kerja saya yang sama- sama lagi pumping juga. Dia curhat bahwa terkadang ribet juga jadi ibu bekerja yang menyusui, harus menyediakan waktu untuk pumping di sela kesibukan bekerja, belum lagi banyak sekali bawaan, cucian botol, dan alat pumping untuk dipersiapkan dan dibawa setiap hari ke kantor.

Nah waktu itu, saya bilang ke dia, kenapa pakai botol untuk simpan ASIP? Kan ada kantong ASI. Dia mengeluh karena kantong ASI yang biasa dia pakai itu agak tipis jadi mudah robek bahkan dia ragu dengan bahan setipis itu untuk dibekukan agak lama di freezer.

Jadi saya kasih tau dia kalau kantong ASI punya saya ini bahannya dijamin aman, karena memang multi-lapis alias tebal supaya tidak mudah robek. Ya ini dia kantong ASI MOOIMOM.

Lalu dia berkomentar, "Wah iya ya mol, aku kira semua kantong ASI sama, tipis semua, ternyata yang ini bahannya emang bagus sih lebih kuat".

Lalu saya jelaskan ke dia, bahwa kelebihan kantong ASI MOOIMOM ini gak cuma karena bahannya aja yang bagus tapi juga warna lucu khasnya MOOIMOM ini juga warna favorit banget. Mood booster juga untuk para pejuang ASI biar lebih semangat pumping. Hihi
 

Kantong ASI MOOIMOM

Nah kantong ASI ini kan ada banyak merk nih, tapi saya baru tau nih Buibu ada kantong ASI yang tepat dengan yang saya cari yaitu kantong ASI MOOIMOM.

Kantong ASI MOOIMOM (Breast Milk Storage MOOIMOM) ini seperti namanya, merupakan produk dari sebuah brand bernama MOOIMOM.

Walaupun produk ini cuma punya satu warna yang merupakan warna khas dari brand MOOIMOM sendiri, tapi fungsi dan kualitasnya menurut saya sih sudah memenuhi syarat sahnya kebutuhan kantong ASI bagi para busui.

Apa aja tuh kelebihannya?

Pertama, kantong ASI MOOIMOM ini kapasitasnya sesuai banget yaitu 120ml. Nah saya pribadi memang paling pas dengan kapasitas 120ml karena botol susu kebanyakan ukurannya 120ml juga dan kapasitas bayi meminum ASI juga lebih kurang adalah 120ml setiap sekali minum. Walaupun bisa jadi setiap bayi punya kebiasaan minum yang berbeda ya Bu.

Kedua, MOOIMOM ini jumlah kantong per packnya juga pas banget dengan kebutuhan, biasanya saya menghabiskan 3 kantong ASI per hari, jadi sebulan bisa menghabiskan 3 pack kantong ASI MOOIMOM. Pas juga dengan harganya 3 pack jadi 100ribu. Hehe

Ketiga, fungsi komponen yang mendukung kualitas dari kantong ASI MOOIMOM juga bisa dirasakan sendiri Bu, karena pastinya kantong ASI MOOIMOM ini BPA free, dilengkapi dengan resleting double yang anti bocor, apalagi desain dan kemasannya pun kuat dan multi-lapis, dan tentu saja yang paling penting mudah sekali untuk digunakan karena bisa self-standing atau bisa diberdirikan.

Keempat, kantong ASI MOOIMOM dapat dijamin higienitasnya karena hanya sekali pakai dan sudah dilakukan sterilisasi (pre-sterilized).


Nah empat faktor itulah yang membuat saya akhirnya tertarik dengan kantong ASI MOOIMOM, apalagi warna kantong ASInya yang merupakan warna kesukaan saya. Hihi
 
Nah biar enak, ini dia saya kasih ringkasan spesifikasi kantong ASI MOOIMOM.

Spesifikasi Kantong ASI MOOIMOM

Selain kapasitas, fungsi, dan kualitasnya yang terjamin, ada beberapa poin penting yang akan saya bahas tentang kantong ASI MOOIMOM bergambar ubur- ubur yang menggemaskan ini.

Apa aja tuh?

🍼 Keunggulan Bahannya

Bahan kantong ASI MOOIMOM ini terbuat dari PTE + LLDPE yang aman, ramah lingkungan, dan tentunya BPA free. Bahannya pun tebal jadi tidak mudah robek, tidak berbau, dan aman disimpan di dalam lemari pendingin maupun di freezer, bahkan dapat dibekukan hingga suhu -20°C dan bisa dihangatkan asalkan tidak lebih dari 50°C.

🍼 Fitur Self-Standing Bag

Nah kantong ASI MOOIMOM ini ternyata bisa self-standing juga lho. Dengan kata lain, bisa diberdirikan gitu lho Bu, fitur ini sangat membantu banget nih bikin ASI kita aman ga khawatir tumpah- tumpah. Apalagi kalau dibawa bepergian seperti saat di kereta juga ini worth banget karena bisa di-standing-kan.

🍼 Fitur Double Ziplock

Nah fitur double ziplock ini jangan sampai ketinggalan ya Bu karena kalo resletingnya gak double, biasanya bakalan ada drama ASI bocor- bocor. Tapi tenang, kantong ASI MOOIMOM sudah dilengkapi dengan fitur double ziplock kok jadi dijamin no bocor- bocor deh.

🍼 Higienis

Kantong ASI MOOIMOM sudah disteril (pre-sterilized) dan digunakan hanya untuk sekali pakai.

🍼 Luasnya Ruang untuk Catat Nama

Biar ASI ga ketuker- tuker terutama untuk bayi yang berada di daycare, maka penting banget ruang catat di kantong ASI untuk menuliskan penjelasan dari ASI tersebut. Walau kalo ga di daycare pun kita tetap harus concern dengan tanggal ASI. Nah, Kantong ASI MOOIMOM ini menyediakan ruang penamaan yang luas jadi kita bisa menuliskan nama dan tanggal dengan rapih


🍼 Mudah digunakan

Langkah penggunaan kantong ASI MOOIMOM juga tergolong mudah, tidak perlu ada acara ditiup dulu saat pertama kali pemakaian karena sudah higienis melalui sinar GAMMA untuk mematikan bakteri. Nah berikut cara menggunakannya:
  1. Ketika sudah selesai pumping, buka seal pada kantong ASI;
  2. Buka double resleting dan kantong ASI langsung terbuka lebar tanpa harus ditiup;
  3. Tuang ASIP dari breastpump ke dalam kantong ASI;
  4. Kantong ASI yang berisi ASIP dapat diberdirikan dan siap disimpan di dalam kulkas/ freezer.

Kesimpulan

Kantong ASI MOOIMOM berhasil mendapatkan predikat sebagai kantong ASI yang patut saya rekomendasikan sebagai alat tempur berkualitas yang mendukung keamanan dan kesehatan bagi bayi maupun kenyamanan bagi ibu menyusui.

Produk kantong ASI MOOIMOM ini bisa dibeli di sini ya Buybu.
Atau klik gambar di bawah⬇️

Mau tau lebih banyak tentang produk MOOIMOM lainnya? Bisa langsung cek instagram @mooimom.id atau cek langsung ke website mooimom.
 
Semangat meng-ASI-hi Buibu..
Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

0 comments