4 Alasan Kenapa Perencanaan itu Penting

Banyak yang bilang, segala sesuatu dalam hidup itu butuh perencanaan. Ada lagi yang bilang, rencana itu penting untuk kehidupan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dan... kalau inget film “Sabtu Bersama Bapak”, disitu ada pelajaran dari sang Bapak yang bisa diambil yaitu hidup itu harus selalu punya rencana ke depan karena hidup hanya sekali dan waktu yang terbuang gak pernah bisa kembali.

Oh yah, saya yakin gak semua orang akan setuju dengan statement si Bapak ini, apalagi saya pribadi pun bukan orang yang hidupnya harus melulu terencana. Memang ada hal- hal yang perlu perencanaan agar hidup terkendali tapi ada juga hal- hal yang kitanya sendiri merasa belum butuh perencanaan mendetail di saat sekarang karena waktu yang masih lama misalnya.

Lalu kenapa banyak orang bilang bahwa segala sesuatu dalam hidup ini sebetulnya butuh perencanaan? Namun kenapa pula banyak orang yang nyaman menjalani hidup mengalir seperti air? Bukankah air mengalir ke tempat yang lebih rendah?


Untuk itu, saya sendiri yang butuh jawaban dari pertanyaan tersebut ingin mengajak Buybu untuk membayangkan perencanaan dari hal sederhana yang pasti kita lakukan sehari- hari, yaitu memasak.

Kalau dalam kegiatan sederhana ini saja Buybu punya perencanaan, misalnya begini, Buybu punya waktu setiap weekend untuk berpikir menu apa saja yang Buybu ingin masak selama satu minggu. Mulai dari senin sampai dengan minggu, mulai dari menu sarapan pagi hingga cemilan dan makan malamnya. Jadi pusing mikirin mau makan apanya cuma sekali ini aja Buy, gak perlu jadi pikiran tiap hari mau masak apa.

Setelah dibuat perencanaannya, sekarang Buybu tinggal membuat daftar belanjaan yaitu bahan apa saja yang Buybu butuhkan untuk memenuhi kebutuhan rencana masakan Buybu dalam satu minggu penuh. Ini pun belanjanya cukup seminggu sekali ya Buy.

Jangan lupa bersyukur ya Buy bila bisa berbelanja bahan makan atau sayuran tiap minggu karena gak semua Buybu seberuntung itu.

Oke lanjut, Buybu bisa belanja pada waktu weekend untuk keperluan memasak selama satu minggu ke depan, setelah itu Buybu bisa melakukan food preparation untuk kemudahan pengerjaan realisasi masakan itu di setiap harinya. Jadi, hari senin sampai dengan minggu, kalau Buybu mau masak, Buybu tinggal ambil bahan dan gak pake lama langsung masak yang sudah direncanakan. Nah, karena Buybu sudah melakukan food preparation juga, jadi waktu masak pun jadi lebih efisien, bukan?

Dari contoh kegiatan memasak tersebut, bisa kita lihat dan terjawab ya Buybu pertanyaan kita tadi mengenai kenapa sih banyak orang bilang bahwa kegiatan perencaan itu sebetulnya penting?

Oh ternyata kegiatan yang terencana dapat menghasilkan efisiensi bukan hanya dari segi biayanya, tapi juga waktu, tenaga, bahkan pikiran.

Jadi apa aja yang kita dapat kalau kegiatan dalam hidup kita terencana?


1. Hemat Biaya

Kalau kegiatan sudah terencana, artinya kkita sudah tau apa aja sih yang akan kita lakukan, berapa biaya yang harus dipersiapkan, dan apa aja sih yang kita butuhkan untuk merealisasikan rencana tersebut?
Nah kalau kita sudah cukup jelas mengetahui apa yang dibutuhkan dan harus dipersiapkan, tentu saja disini kita juga sebenarnya sedang belajar mengelola keuangan dengan baik, karena kita akan membeli apa yang dibutuhkan.

2. Efisiensi waktu

Dengan adanya perencanaan, kita cuma butuh waktu lebih banyak di awal yaitu pada saat kegiatan penyusunan perencanaan saja. Karena setelah persiapan perencanaan selesai, ketika realisasi kita hanya tinggal melakukan sisanya saja. Praktis banget ya Buy.

3. Efisiensi tenaga

Sama halnya dengan efisiensi waktu, perencanaan membuat kita hanya butuh tenaga ekstra di awal saat menyelesaikan penyusunan perencanaan, ke depannya akan mudah karena kita tinggal mengerjakan sesuatu yang sebenarnya sudah dipersiapkan dengan matang.

4. Efisiensi pikiran

Nah ini Buy yang paling penting, seperti contoh di atas yaitu soal perencanaan masakan nih Buy yang seringkali membuat Buybu bingung mikirin mau makan apa setiap hari. Dengan adanya perencanaan, Buybu gak perlu bingung lagi karena kan Buybu sudah bikin perencanaan dari awal dan menyusunnya, jadi mikirnya cuma sekali aja Buy yaitu pada saat Buybu mikirin rencana masak itu sendiri. Setidaknya Buybu tidak setiap hari dihantui pertanyaan masak apa ya hari ini? Hihi

Nah itu dia empat manfaat yang kita dapat kalau rajin melakukan perencanaan. “kalau rajin” ya, Buy. Hihi

Mudah- mudahan Allah selalu memberi kita kemudahan dalam hidup sehingga segala rencana dapat terselesaikan dengan baik. Karena kita hanya berencana, Allah yang menentukan 

You Might Also Like

0 comments