ASI

Tips ASI Melimpah dan Berkualitas

"Pokoknya habis ini, Bapak ajak istrinya makan pizza yaa, Pizza Hut yang Meat Lovers!"

Kata- kata dokter anak itu bikin Ami seneng, horeee makan pizza haha

Jadi pada hari itu, Ami dan Abi (disingkat jadi miabi🤭) pergi ke dokter anak, biasalah untuk kontrol baby kimi yang pada waktu itu umurnya baru 2 bulanan.

Mengapa tiba- tiba dokter anak yang bernama dr. Sindy tersebut berkata demikian?

Karena waktu itu timbangan baby kimi bukannya makin naik malah makin turun. Cuma turun sedikit tapi dr. Sindy marahin Ami dikiranya Ami diet jadi males makan. Padahal Ami gak diet, rajin makan telur juga supaya jahitan pasca melahirkan cepat pulih. Berat badan lahir baby kimi tuh 3,5kg pas dicek di bulan kedua turun jadi 3,4kg. Turunnya cuma seons tapi diomelin dokternya 10ons.

Sebenarnya Ami waktu itu bingung juga, karena ASI Ami alhamdulillah tergolongnya melimpah dan baby pun sering banget nenen. Tapi kok berat badan malah turun ya🤔


Ternyata eh ternyata, ASI itu bukan hanya kuantitasnya saja yang harus diperhatikan, tapi juga KUALITASnya Buybu.
Jadi jangan seneng dulu kalo ASInya banyak, jangan- jangan kualitasnya yang kurang.

Tapi kok ya malah disuruh makan pizza meat lovers?

Karena pizza meat lovers komposisinya banyak dagingnya Buy, hampir semua daging. Selain itu, tepung terigu pada pizza juga tinggi protein, jadi yaa, udah mah daging teh proteinnya tinggi ditambah tepung terigunya pun berprotein tinggi. Maka dapat dipastikan (insyaAllah) jika ibu menyusui menyantap pizza meat lovers, maka berat badan bayi akan meningkat Buy (panggilan singkat Buibu)😁

Nah ini terbukti pada Ami dan baby kimi Buy. Habis kontrol itu, miabi (kan tadi udah dikasih tau ini singkatan dari ami dan abi hihi) beneran langsung menyantap pizza meat lovers. Walaupun Ami gak bisa nyantap banyak karena eneg Buy kalo banyak- banyak. Kira- kira cuma abis 2-3 potong aja sih ya.

Makan pizza nya juga gak sering- sering karena nanti kalo sering dompet kita bisa bolong dong Buy. Kira- kira sebulan sekali aja cukup kok dan itu hanya untuk periode awal itu saja, selanjutnya terserah anda.

Abis itu Ami jadi doyan banget sama pizza, padahal sebelumnya juga doyan. Hehe

Bagaimana dengan berat badan baby setelah Ami makan pizza?

Tentu saja naik Buy, alhamdulillah berat badan baby Kimi naik terus dan menjadi baby gendut yang sehat (semoga selalu sehat, begitu juga dengan baby- baby lainnya yaa😘).

Waktu itu malah pernah Buy, di suatu daycare Ami sampe ditanya sama para pramusiwi disana. Semua bertanya seolah belum pernah menemukan Emak- emak cantik seperti Ami. Wkwk canda ah Buy.

Kira- kira model pertanyaannya sebagai berikut:

"Mam ini kok bisa ya ASI nya bagus banget, kuning dan kentel mirip susu formula?"

"Iya Mam, saya mah selama kerja disini belum pernah ada Ibu- ibu yang ASInya banyak dan bagus kentel kayak gini, resepnya apa ya Mam?"

"Iya pantesan baby kimi gendut, booster ASInya apa ya Mam?"

Waktu dicecar pertanyaan macam itu dalam hati Ami alhamdulillah gak sia- sia waktu itu diomelin dokter. Haha.

Jadi, ada beberapa produk yang juga Ami konsumsi sebagai ASI booster yang ampuh selama menyusui Buy, selain pizza ya.

1. Teh Mama Bear
Teh ini Ami konsumsi pas abis melahirkan Buy karena pas awal- awal itu memang ASI Ami masih sangat sedikit sekali. Teh ini cara menyeduhnya cukup mudah dan praktis, soal aroma dan rasanya pun herbal banget mirip jamu tapi gak pahit ya, walau gak pake gula pun rasanya ada manis- manisnya. Teh ini mengandung Fenugreek, Moringa, Curcuma, Anise, Fennel, dan Habbatussauda jadi di banyak artikel pun sudah banyak yang bahas tentang review teh Mama Bear dan kebanyakan memang berhasil meningkatkan produksi ASI, begitu juga yang Ami alami.

2. Susu Kurma
Nah kalo ini mah soal rasa udah paling enak banget. Biasanya Ami bikin sendiri, caranya mudah Buy hanya bermodalkan susu cair full cream dan kurma yang sudah direndam semalaman, diblender aja kemudian disaring. Jadilah sukur alias susu kurma, nikmat diminum selagi dingin dan inipun insyaAllah bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

3. Susu Almond
Sekalinya Ami minum susu almond karena rasanya yang Ami gak begitu doyan Buy. Hihi tapi ini juga diyakini bisa ningkatin produksi ASI.

Terakhir tentu saja, Pizza hahha ASI booster yang paling enak menurut Ami.

Semua ASI booster yang Ami sebutkan tentu saja tidak rutin Ami konsumsi, hanya ketika ASI dirasa berkurang baik secara kuantitas maupun kualitasnya.

Contohnya, seperti waktu itu Ami pernah mengalami flu dan batuk lalu mengonsumsi pseudoephedrine yang diyakini bisa menyebabkan berkurangnya produksi ASI. Itu bener Buy ASI Ami jadi berkurang, jadi Ami minum lagi booster yang udah lama gak Ami minum. Gituh Buy walau sebenarnya gak cuma booster aja ya yang diperlukan, tapi mood bagus, semangat, dedikasi, dan kerajinan juga mempengaruhi ASI Buybu sekalian.

Ingat juga Buy teori ASI paling basic "Semakin banyak ASI yang keluar, akan semakin banyak juga ASI yang diproduksi di dalam tubuh kita".

Semoga bermanfaat yaa Buybu..

Ami doakan semoga Buybu yang baca blog ini ASInya melimpah juga dan diberikan kemudahan dalam memberikan yang terbaik dan meng-ASI-hi putra putri tercintanya.

Aamiin

You Might Also Like

0 comments