Kaktus Ternyata Bisa Dimakan?!



Setelah kemarin kita sempet bahas tentang Filosofi Kaktus yang mantap mantotep, sekarang Ami mau bahas tentang manfaat kaktus yang ternyata gak cuma berguna buat tanaman hias penghasil oksigen aja tapi juga halal untuk dikonsumsi.


Kaktus? Dimakan? Kan berduri?

Iyaaaa, dimakaaan, ya nggak sama durinya juga dong, Buybu...

Sebenernya Ami gak sampe nyobain makan kaktusnya juga sih, maaf kalau pernyataan ini membuat para jamaah kuciwa karena Ami cuma mau share aja apa yang Ami pernah baca tentang kaktus yang bisa dimakan ini.

Because Sharing is Caring!

Jadi sampe mana kita tadi?

Yak, kaktus bisa dimakan tapi gak semua jenis kaktus bisa dikonsumsi lho ya. Kaktus yang bisa dimakan namanya kaktus nopales atau prickly pear yang katanya populer di Amerika Latin dan Meksiko. Kabarnya manusia memang sudah sejak waktu lama mengonsumsi kaktus ini Buy.

Karena kaktus nopales banyak durinya, jadi untuk mengolahnya juga harus hati- hati ya Buy. Nah, bagian yang biasa dikonsumsi dari kaktus ini adalah daun dan buahnya. Oh iya Buybu, kaktusnya berbuah juga lho dan buah kaktus ini pas dikupas warna dagingnya mirip buah bit, bentuk dan besarnya mirip jambu air, dan rasanya so juicy mirip campuran rasa jambu air dan buah naga. Sedangkan untuk daun kaktus itu teksturnya renyah dan ada cairannya mirip dengan lidah buaya.

Nah tentu saja kaktus dikonsumsi bukan tanpa alasan, ternyata kaktus mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Apa aja sih manfaat kaktus?

1. Memperlancar Pencernaan

Kaktus nopales mengandung banyak serat yang penting bagi pencernaan. Jadi manfaatnya sama kayak buah dan sayur ya Buybu bisa memperlancar pencernaan sehingga kalo makan kaktus kita bisa terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

2. Sebagai vitamin

Kaktus mengandung banyak nutrisi bermanfaat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalsium. Selain itu, kaktus juga kaya akan antioksidan dan mineral.

3. Menurunkan berat badan

Karena kaktus kaya akan serat, sehingga membuat kita akan merasa kenyang lebih lama dan mencegah kita untuk makan berlebihan. Serta kandungan vitamin B kompleks pada kaktus dapat mempercepat laju metabolisme sehingga kalori yang dibakar lebih banyak.


Nah banyak kan manfaatnya kalau kita mengonsumsi tanaman kaktus. Selain itu, karena kaktus kaya akan serat, jadi kaktus pun kaya akan manfaat, seperti dapat mengendalikan gula darah, menurunkan kolesterol, melindungi sel otak, bahkan antioksidan yang terkandung pada kaktus dapat menangkal sel kanker.

Luar biasa ya Buy, dibalik penampilannya yang berduri ternyata kaktus menyimpan banyak manfaat dan kebaikan di dalamnya.

Tapi kalo mau coba makan masakan olahan kaktus dimana ya?

Yang Ami tau, di restoran Tr*ns Luxury Hotel ada chef yang berasal dari Mexico yang mengolah makanan dari kaktus nopales dan dinamakan En Salada Nopales dalam menunya tapi harga makanannya lumayan menguras kantong Buybu.

Hiks

Katanya kaktus nopales ini berasal dari Mexico, tapi di Indonesia pun ada kaktus yang mirip (atau jangan- jangan sama) dengan kaktus nopales, namanya kaktus centong. Tapi kaktus centong ini biasanya buat makanan hewan peliharaan kura- kura. Jadi, Ami belum yakin kalau mereka ini jenis yang sama, mungkin ada yang tahu? Atau sudah mencoba makan kaktus?

You Might Also Like

0 comments