Filosofi Kaktus

Kemarin ami belanja tanaman bersama Abi dan Kimi di daerah Arcamanik. Ramai sekali yang berbelanja tanaman di sana, mungkin karena kondisi udah new normal juga kali yaa🤔

Ami perhatikan rupanya tanaman yang paling digemari orang- orang adalah kaktus dan sukulen. Wah ya pantas aja tanaman tersebut digandrungi, karena memang kaktus dan sukulen ini adalah tanaman yang bentuknya unik- unik. Tidak hanya bentuknya yang lucu dan enak diliat, di samping manfaatnya sebagai tanaman pada umumnya yang menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, mereka juga disukai karena perawatannya yang mudah.

Tapi tau gak sih mom, dari kehidupan tanaman bernama kaktus ini kita bisa belajar banyak hal. Ya, ini dia filosofi kaktus, sifat mulia dari seonggok kaktus yang bisa kita tiru dan terapkan dalam kehidupan kita sehari- hari.
1. Tegas dan mandiri
Kaktus adalah tanaman berduri sehingga ia mampu melindungi dirinya sendiri. Walau terlihat menakutkan, namun begitulah caranya untuk bertahan hidup dari segala ancaman.

Nah sama halnya dengan kita ya Mom, kita juga harus menunjukkan sikap tegas, misalnya ketika ada orang yang berniat jahat kepada kita, kita bisa bertindak tegas untuk melindungi diri kita sendiri. Gak papa lah garang dikit kalau memang untuk kebaikan.

2. Tidak Manja
Kaktus dikenal sebagai tanaman yang tidak haus akan perhatian dan kasih sayang, karena hanya membutuhkan kasih sayang yang secukupnya dan tidak berlebihan. Dari sini bisa kita pelajari sifat kaktus yang tidak manja dan sangat dewasa ya Mom. Terlihat dari bagaimana kaktus akan mati jika disiram dan dipupuk setiap hari, namun ia akan tumbuh bersemi ketika kita siram dan diberi pupuk seperlunya saja.

3. Mental Baja
Kaktus dapat bertahan dalam cuaca yang sangat kering sekalipun. Ya, kaktus dapat hidup sendiri walau dengan asupan dan perhatian yang minim. Dari sini kita bisa meniru sikap bermental baja dari kaktus ini, banyaknya tekanan baik berupa ujian maupun cobaan seharusnya membuat mental kita semakin kuat, sekuat baja😉

4. Sabar dan Tawakkal
Ada yang pernah lihat kaktus berbunga?
Kayaknya jarang banget ya kaktus berbunga, kalaupun iya kaktus harus menunggu lama agar berbunga. Tapi sekalinya berbunga, bagus banget dan indah dipandang mata. Maka dari kaktus ini kita bisa belajar agar senantiasa sabar dan tawakkal dalam menghadapi berbagai aral yang melintang untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.
5. Istimewa
Kaktus adalah tanaman yang tidak berdaun namun itulah yang menjadikannya istimewa. Dibalik parasnya yang tidak berdaun, namun kaktus tetap dapat menyimpan cadangan makanan dan memiliki akar yang menancap panjang dan kuat sehingga bisa menyerap lebih banyak sari pati makanan.
Nah ini sama dengan pepatah lama yang mengatakan "Dont judge the book from the cover". Karena dibalik setiap kekurangan, Tuhan memberikan kelebihan yang tak terhingga yang seringkali tidak kita sadari sehingga sering juga kita lupa untuk bersyukur.

Astaghfirullah...
Padahal seharusnya kita harus banyak bersyukur ya Mom karena setiap orang diciptakan dengan kekurangan dan kelebihan masing- masing.

Jadi, itu dia Mom hal- hal penting dalam kehidupan yang dapat kita pelajari dari kaktus. Tentunya sangat banyak pelajaran yang ingin Tuhan beritahukan kepada kita melalui segala sesuatu yang diciptakan oleh-Nya agar manusia berpikir tentang betapa hebat dan kuasa-Nya Dia, yaitu Allah, yaitu Tuhanku yang Maha Keren😉

You Might Also Like

1 comments