Tumbuhkan Minat Baca Anak Bersama Let's Read Asia

Kimi 11 Bulan Sedang Membaca
Di jaman yang serba digital seperti sekarang, apakah buku masih jadi jendela dunia?

Jawabannya tentu saja, masih.

Buku merupakan jendela dunia dan cara untuk dapat membukanya adalah dengan membaca. Membaca mampu membuat banyak orang memiliki pemikiran yang lebih terbuka serta mempunyai pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dibandingkan mereka yang tidak/ jarang membaca buku.

Pada waktu Ami kecil dulu, Ami suka sekali membaca buku dan memang terasa sekali manfaat dari hobi membaca tersebut. Tapi seiring Ami tumbuh dewasa hingga sekarang menjadi Ibu, membaca buku buat Ami malah jadi tantangan tersendiri, apalagi sekarang lagi jamannya gadget kan. Wah malah jadi lebih sering baca status orang di medsos daripada baca buku.

Sama seperti banyak ibu di luar sana, Ami juga punya kekhawatiran tersendiri mengenai isu tentang pengaruh gadget terhadap pertumbuhan anak- anak dan maka dari itu para ahli sepakat untuk membatasi penggunaan gadget pada anak- anak. Namun bagaimana cara kita memastikan ketika tiba jadwal anak memakai gadget, yang mereka buka adalah konten yang berkualitas bukan konten yang tidak pantas?

Ya, Ami dan para ibu pasti sama- sama berkeinginan agar anaknya menjadi seseorang dengan kualitas hidup yang jauh lebih baik daripada orangtuanya, bukan?

Kualitas hidup seseorang dapat dilihat dari ilmu pengetahuan yang ia punya, yang salah satu cara agar memiliki ilmu pengetahuan yang luas adalah dengan banyak membaca.

Ya, itu dia, para orangtua perlu menumbuhkan minat baca anak mereka sejak dini.

Tapi, gimana caranya menumbuhkan minat baca anak?


Sebenarnya usaha menumbuhkan minat baca (buku) pada anak- anak sudah banyak dilakukan oleh para pengusaha buku sejak lama, terlihat dengan maraknya buku anak yang mulai beragam dan semakin menarik seperti buku yang dapat mengeluarkan suara/ bunyi, buku bantal, buku yang gambarnya bisa muncul (3D), bahkan ada juga buku anak AR (Augmented Reality) yang menggunakan gadget untuk pengaplikasiannya.

Kimi 5 Bulan Diperkenalkan dengan Buku

Rupanya para pebisnis sudah lama mendengar aspirasi para Mama ya?

Kalau anak Ami, baby Kimi yang sekarang usianya baru hampir 2 (dua) tahun, punya juga buku- buku seperti itu, buku bantal, buku yang bersuara, dan yang lebih membuatnya tertarik karena buku- buku tersebut berwarna- warni. Ya, warna warni yang mencolok memang disukai anak- anak.

Supaya minat baca tumbuh pada diri baby kimi, maka Ami biasakan Kimi membaca sejak usianya masih di bawah 6 (enam) bulan. Caranya dengan membacakan cerita melalui buku bersuara, memperlihatkan bukunya yang menarik karena berwarna warni serta gambarnya yang lucu, membiarkannya memegang buku dan menunjuk- nunjuk gambar di buku yang mungkin merupakan gambar kesukaannya.

Untuk itu, supaya buku bisa bebas dipegang- pegang si kecil tanpa kita khawatir akan robek atau bahkan dimakan, maka kita juga harus memfasilitasi buku yang bagus sesuai usia. Misalnya nih, karena baby Kimi masih di bawah usia dua (2) tahun, maka buku yang Ami berikan adalah buku bantal atau buku hardbook/ board agar tidak mudah rusak/ robek. Walaupun ternyata buku yang tebal pun masih bisa dirusak karena kerap kali digigit si kecil.

Kabar baiknya, sekarang Ami baru tau nih ternyata ada aplikasi Let's Read yang isinya banyak buku cerita untuk anak- anak, dan lebih asiknya lagi, bukunya tidak hanya ada tulisannya aja tapi juga lengkap disertai gambar yang tentunya menarik untuk kita perlihatkan kepada anak- anak. Nah, karena bukunya berbentuk e-book, jadi para Ibu gak perlu khawatir lagi bukunya bakal digigitin si kecil walau si kecil tetap harus membaca buku fisiknya juga secara langsung ya.

Kimi 12 Bulan Mulai Senang Membuka- buka Buku

Aplikasi Let's Read ini mudah banget diaksesnya dan menambah konten berkualitas ketika tiba waktu "gadget time" untuk anak. Oh iya, karena aplikasi ini merupakan perpustakaan digital buku cerita anak persembahan komunitas literasi dan The Asia Foundation, maka buku- bukunya pun menggunakan berbagai macam bahasa dari negara- negara Asia. Tapi jangan khawatir, buku yang berbahasa Indonesia juga udah banyak kok di aplikasi ini, dan yang gak kalah pentingnya, buku- buku yang ada di dalam aplikasi ini tidak berbayar alias gratis!

Akhirnya ya bertambah aplikasi positif di gadget kita yang mendukung para ibu dalam menumbuhkan minat baca anak dengan membaca nyaring cerita- cerita bagus yang ada di aplikasi Let's Read untuk anak- anak kita.

Makanya ayo, Ami mengajak para Ibu untuk download aplikasi Let's Read ini disini sebagai salah satu cara untuk membantu menumbuhkan minat baca si kecil.

You Might Also Like

0 comments